BANCHAN ( LAUK - PAUK ) ORANG KOREA



Jeeeeenggg..... annyeong semuanya.. kali ini kita bahas tentang makanan dari korea, tapi kali ini aku akan mengenalkan jenis – jenis Banchan ( lauk - pauk ) yang dihidangkan dalam piring – piring kecil yang dimaksudkan untuk di habiskan sekali makan. yuuuukkk....kita mulai saja yah apa saja jenis – jenis Banchan..
1. Kimchi
Siapa juga yang tidak kenal dengan kimchi? Yup, kimchi merupakan salah satu asinan yang terbuat dari sayuran yang di beri bumbu pedas. Kimchi selalu ada di setiap meja makan ketika orang korea makan baik dirumah – rumah atau di tempat – tempat makan. Sayuran yang biasa di buat kimchi adalah sawi putih dan juga lobak. Kimchi juga biasa di gunakan sebagai bumbu untuk membuat sup kimchi ( kimchi jjigae ), atau nasi goreng kimchi ( kimchi bokkeumbap ). 

2. Namul (나물)


Merupakan sayuran yang ditumis atau direndam dalam bumbu seperti minyak wijen, kecap asin, garam dapur, cuka, bawang putih, daun bawang, dan bubuk cabai. Ada beberapa jenis Namul seperti:
Kongnamul (콩나물) : tumis tauge dengan minyak wijen.
Gosari-namul (고사리나물): tumis pucuk pakis
       ▪ Mu-saengchae/Mu-chae (무생채/무채): asinan lobak yang diiris korek api tipis dan dibericuka, gula, garam dapur,  dan cabai.
                                                                                                                  
3. Jorim


Merupakan sebutan untuk makanan yang dimasak dengan saus. Salah satu Jorim yang disajikan adalah Dubu-jorim (두부조림): tahu yang ditumis dengan saus berupa campuran kecap asin, minyak wijen, bawang putih, dan daun bawang. 


4 . Jjim



Adalah makanan yang dikukus. Salah satu jenis makanan ini adalah Gyeran-jjim (계란찜) telur yang dikukus dengan bumbu..

5 . Jeon



Sebutan untuk makanan yang di goreng di atas wajan. Salah satu jenis jeon yang terkenal adalah buchimgae ( adonan tepung terigu dan sayuran yang di goreng tipis seperti panekuk ). Selain itu ada juga Kimchijeon (김치전) panekuk kimchi yang sudah masam. 

 6. Japchae (잡채)

Adalah tumis sayuran yang di campur dengan sohun.

Gambar – gambar lain:

Mu – saengchae


Gosari – namul



Kimchi Jjigae


Kimchi Jeon


Source : Wikipedia


3 comments:

  1. Uih......kyk x enak tuh.....ngilat gambar x aja udah bikin iler gue netes g abis2.....:|

    BalasHapus
  2. jngn kan kmu... aku aj yg nge-pos'in aj ngiler :|

    BalasHapus
  3. jadi pengen coba japchae, mmm ngiler

    BalasHapus

Tolong tinggalkan komentar dengan kata - kata yang sopan ~Gomawo~